Powered By Blogger

Rabu, 13 Oktober 2010

Teknik modifikasi mobil drifiting

27-04-2010 17:Fenomena Drifting Front Wheel Drive (Bag.3)Teknik Modifikasi Mobil Drifting FWD

OTOMOTIFNET - LSD (Limited Slip Differential)
Komponen ini mutlak digunakan agar pada saat beraksi, bodi dapat bergeser dengan mulus, tidak ngebuang. Untuk mobil FWD bisa saja tidak pakai LSD, namun pada saat menikung, bodi belakang jadi tidak terkendali.

Selain itu LSD dapat mengurangi gejala spin dan meminimalkan jeda setelah menggeser bodi. “Kalau tidak pakai LSD, salah satu ban jadi tidak berputar menyulitkan mobil bergerak maju,” ucap Taqwa Suryo Swasono, pemilik bengkel Garden Speed di Cilandak, Jaksel.

Hand Brake
Seekstrem apapun drift yang diinginkan, feeling ikut bermain dengan mengaktifkan rem tangan. Untuk itu rem tangan harus pakem. Caranya cukup kencangkan kabel rem tangan dan ganti Atau mengubah sistem kabel jadi hidrolis.  Di beberapa mobil, seperti Jazz, sebenarnya cukup dengan mengganti sling rem tangan dengan yang lebih besar supaya tak lekas molor. 

Copot ABS
Untuk mobil yang sudah menerapkan ABS maupun EBD pada kinerja pengeremannya, wajib melepaskan perangkat ini. Tujuannya agar kampas rem tidak cepat termakan dan tidak mengunci saat drifting.
Suspensi
Ubahan sederhana, suspensi depan harus lebih lembut dari belakang. Bisa memanfaatkan produk aftermarket maupun subtitusi bawaan mobil lain. Me
nurut Taqwa dan Praqasta dari bengkel Fast Forward Motoring di Jl. Pesanggarahan, baik tidaknya suspensi menentukan body roll dari mobil tersebut. Cari setting dan suspensi yang membuat body roll tak terlalu banyak. Ini juga perlu pengorbanan dengan trial and error.

Kombinasi Ban
Ban depan direkomendasi yang lebih menggigit, sementara ban belakang dapat memakai radial biasa. Untuk roda depan bisa pakai diameter yang lebih besar dari belakang. Contoh kombinasi diameter pelek depan 15 inci dan belakang 14 inci.

Upgrade Mesin
Sebagai permulaan, memulai FWD Drifting sangat memungkinkan kondisi mesin standar. Namun akan lebih baik jika mesin performa mesin juga ditingkatkan untuk mengejar torsi dan daya kuda.
Langkah paling mudah memasang header, porting polishing atau piggyback. Taqwa sarankan melakukan setting di area mid end (putaran tengah).

Engine Mounting
Disarankan menggantinya dengan bahan Polyurethane (PU) atau produk aftermarket yang lebih kuat daya tahannya. “Saat drift, posisi mesin akan tertarik. Kalau tetap pakai standarnya, bisa cepat jebol,” jujur Raqa panggilan Praqasta. Untuk Jazz, tidak usah semua, hanya sebagian saja dan satu (bagian belakang) dibiarkan menggunakan standarnya. Hal ini untuk menjaga supaya mesin tak terlalu rigid. 

Kurangi bobot

Agar sempurna menggeser bodi belakang, bobot mesti dikurangi. Perangkat-perangkat seperti jok belakang, audio, ban serep hingga panel interior sebaiknya dilengserkan untuk mengurangi bobot. Fokuskan bobot bodi di bagian depan.


Penulis/Foto: Pj, Toncil, Anto / Salim, Dok.Otomotif

2 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus